Teknologi Honda untuk mengurangi kemacetan di jalan

Honda Motor telah mengembangkan teknologi efektifitas untuk meminimalisir kemacetan lalu lintas di jalan umum. Selain dapat mencegah kemacetan di jalan umum, teknologi yang diterapkan pada smartphone ini diklaim mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar hingga lebih dari 20 persen.
Melalui penelitian yang telah dilakukan Honda, salah satu penyebab kemacetan lalu lintas adalah laju yan tidak serasi antar satu kendaraan dengan lainnya, yang menyebabkan lalu lintas tersendat. Oleh karena itu masing-masing pengendara perlu menyesuaikan perilaku mengemudi dengan kendaraan di sekitarnya untuk mencegah terjadinya laju yang tersendat.
Teknologi yang dikembangkan Honda menggunakan basis smartphone untuk memandu pengemudi mencapai laju kendaraan yang selaras dengan kendaraan lain di sekitarnya dengan menggunakan indikator warna.  Aplikasi ini memonitor pola akselerasi dan deselerasi dan menentukan apakah pola tersebut berpotensi menyebabkan lalu lintas tersendat. Jika potensi kemacetan muncul, maka indikator warna akan memandu pengemudi untuk menyesuaikan kecepatan sehingga selaras dengan kendaraan lain di sekitarnya. Aplikasi ini diharapkan juga berdampak pada keselamatan berkendara dan efisiensi bahan bakar.
Honda akan terus melakukan upaya untuk mewujudkan mobilitas masyarakat tanpa kemacetan melalui pengembangan fungsi baru untuk aplikasi ini, termasuk fungsi perangkat on-board yang dapat menampilkan informasi tentang kemacetan di suatu daerah berdasarkan jumlah aktual kendaraan dan pola laju kendaraan. Untuk memperluas penggunaan aplikasi ini pada sepeda motor dan jenis kendaraan lainnya, Honda juga akan mengembangkan fungsi panduan berkendara dengan indikator suara dan getaran.